Sharing Buku Karya Prof. Dr. Ir. R.A. Bustomi Rosadi, M.S. Guru Besar Universitas Muhammadiyah Kotabumi

Sharing Buku Karya Prof. Dr. Ir. R.A. Bustomi Rosadi, M.S. Guru Besar Universitas Muhammadiyah Kotabumi

Teknik-Teknik Dasar Irigasi, merupakan sebuah buku yang disusun oleh Prof, Dr. Ir. R.A. Bustomi Rosadi, M.S. berdasarkan pengalaman beliau langsung di dalam mengasuh Mata Kuliah Hubungan Tanah, Air dan Tanaman, Pengelolaan Air serta Teknik Irigasi dan Drainase di Jurusan Teknik Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Selain sebagai seorang dosen di Universitas Lampung, beliau juga merupakan Guru Besar di Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

Buku ini juga merupakan saduran dari beberapa buku atau penulis, diantaranya:

  1. M.H. Ali (Fundamentals of Irrigation and On-farm Water Management);
  2. Richard G. Allen, Luis S. Pereira, Dirk Raes, dan Martin Smith (Crop evapotranspiration-Guidelines for computing crop water requirements-FAO Irrigation and drainage paper 56);
  3. J. Doorenbos dan Amir Kassam (Yield Response to Water-part A of Irrigation and Drainage paper 33);
  4. Larry G. James (Principles of Farm Irrigation System Design);
  5. A.M. Michael (Irrigation Theory and Practice);
  6. D.K. Kalsim (Bahan Kuliah Teknik Irigasi dan Drainase pada Program Detasering Dosen IPB ke Universitas Lampung).

Mengambil judul “Teknik-teknik Dasar Irigasi”, Fitur dalam buku ini sangat lengkap, dengan terdiri dari beberapa bab yang menjelaskan bagian-bagiannya dengan rinci. Dimulai dengan Bab pertama yang berisi pendahuluan, Bab kedua yang menguraikan tentang hubungan air, tanah dan tanaman; Bab ketiga mengenai kebutuhan air dan efisiensi irigasi; Bab keempat tentang penjadwalan irigasi; Bab kelima menjelaskan tentang kualitas air; Bab keenam tentang metode irigasi; dan Bab terakhir yaitu tentang pengukuran aliran.

Air sebagai salah satu sumber daya utama dalam penunjang kehidupan seluruh mahkluk, menjadi permasalahan penting hampir di seluruh wilayah Indonesia. Hal tersebut melahirkan inspirasi dimana pemanfaatan air secara efisien dan efektif tidak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tapi juga merupakan aspek penting sebagai faktor pendukung utama produksi pertanian.

Buku ini berisi penjelasan serta pemecahan masalah perairan juga teknik yang baik untuk pengelolaan pengairan yang sesuai dengan kebutuhan tanah dan tanaman.

Buku Karya Prof, Dr. Ir. R.A. Bustomi Rosadi, M.S., diharapkan dapat menjadi pegangan bagi para mahasiswa Fakultas Pertanian.

Saat ini, Universitas Muhammadiyah Kotabumi sudah memiliki buku karya Prof, Dr. Ir. R.A. Bustomi Rosadi, M.S. tersebut. Buku itu diserahkan langsung oleh beliau langsung kepada Dekan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Kotabumi pada Senin (11/1/2021) lalu, bersamaan dengan buku lain berjudul Irigasi Defisit.

Jika tertarik membaca dan mempelajarinya, teman-teman pembaca dapat meminjamnya di perpustakaan Universitas Muhammdiyah Kotabumi.

Universitas Muhammadiyah Kotabumi juga membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan Pertanian dan Peternakan dengan mendaftarkan diri sebagai mahasiswa Fakultas Pertanian dan Peternakan.

Kapan lagi bisa belajar dan bekerja yang bidangnya bisa sesuai dengan hobi kita? Jadi, segera daftarkan diri kalian.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs