Minuman Rempah Penghangat Tubuh di Kala Hujan

Minuman Rempah Penghangat Tubuh di Kala Hujan

Hujan lebat tampaknya masih bakal mengguyur wilayah Lampung, khususnya kabupaten Lampung Utara beberapa hari belakangan ini hingga kedepannya. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk waspada potensi hujan sedang hingga lebat pada 18-30 Januari 2021 mendatang.

Oleh karena itu, sebaiknya orang bersiap dari segi perlengkapan juga dari segi ketahanan tubuh. Tak ada salahnya bersiap dengan memanfaatkan bahan rempah lokal. Rempah-rempah ini pun bisa dinikmati dalam sajian minuman. Berikut, kami berikan beberap informasi mengenai minuman yang berkhasiat menghangatkan tubuh dari bahan rempah, yang pastinya juga menyehatkan dan mudah diolah.

1. STMJ

Jika merujuk pada rempah yang menghangatkan, orang langsung teringat pada jahe. Rempah satu ini memang sering dijadikan campuran minuman termasuk susu, madu, telur, dan jahe alias STMJ. Tapi, jangan gunakan telur mentah ya. usahakan, telur yang digunakan adalah telur yang sudah direbus setengah matang.

2. Beras kencur

Citra jamu sebagai minuman dengan rasa tak menyenangkan mungkin bakal berubah jika Anda minum beras kencur. Minuman rempah satu ini memiliki rasa cenderung manis dan memberikan efek hangat di badan.

Jamu beras kencur adalah jamu tradisional Indonesia yang menggunakan bahan utama berupa beras dan kencur (Kaempferia galanga). Ciri khas dari jamu ini adalah aromanya yang kuat, serta sedikit rasa pedas dari kencur yang digunakan.Jamu beras kencur mengandung antioksidan yang dapat menangkal datangnya berbagai penyakit kronis pada tubuh. Meski demikian, zat ini hanya dapat Anda rasakan jika dapat membuat beras kencur dengan cara yang tepat, mulai dari proses mencuci hingga merebus jamunya.

Beras kencur bisa Anda temui di tukang jamu keliling atau bisa diperoleh dalam bentuk serbuk di pasaran.

3. Wedang uwuh

Cengkih sejak lama terbukti memiliki aneka khasiat mulai dari meredakan masuk angin, sakit kepala juga batuk. Sedangkan pala mampu melancarkan sirkulasi darah, menghilangkan gejala masuk angin, menyehatkan pencernaan juga menghilangkan nyeri. Kedua rempah ini sebenarnya cukup direbus bersamaan jika ingin memperoleh manfaatnya.

Akan tetapi cara paling nikmat adalah dengan minum wedang uwuh. Dalam bahasa Jawa ‘uwuh’ berarti sampah, sesuai dengan tampilan minuman yang semrawut. Namun Anda bisa memperoleh aneka manfaat berkat racikannya yang berasal dari jahe, kayu secang, kayu manis, serai, kapulaga dan manis gula batu.

4. Wedang ronde

Selain lewat STMJ atau wedang jahe, cara lain menikmati sekaligus memperoleh manfaat dari jahe adalah dengan mengonsumsi wedang ronde. Manis bola-bola ketan isi gula jawa, empuk kolang-kaling dan gurih kacang sangrai membuat minuman ini pas kala hujan.

Wedang ronde atau minuman hangat berisi ronde adalah perpaduan budaya Tionghoa dengan Nusantara. Ronde terbuat dari beras ketan dan air, dibentuk bulat kemudian direbus sampai matang dan mengapung. Lantas disajikan dalam kuah jahe hangat dan gula. Biasanya ronde berisi kacang tanah cincang. Selain itu, bisa berisi kacang hitam atau wijen. Namun, ada juga versi ronde tanpa isian.

Wedang ronde bisa dibeli di penjaja keliling, walaupun mungkin di daerah Lampung Utara, dirasa agak sulit menemui penjualnya.

5. Bandrek

Satu lagi minuman asal jahe yang berkasiat menghangatkan tubuh di kala hujan, yaitu bandrek. Minuman berwarna cokelat ini pas dinikmati kala hujan plus ditemani pisang goreng atau ubi rebus. Selain menggunakan jahe sebagai bahan baku utamanya, yang membuat minuman ini istimewa, bandrek juga menggunakan serai, merica, pandan dan telur ayam.

6. Susu Jahe

Susu jahe juga jadi andalan ketika udara mulai dingin. Susu yang hangat dan manis berpadu dengan pedasnya jahe. Jahe akan makin sedap ketika dibakar terlebih dulu sebelum dicampur dengan susu hangat.

Selain nikmat diminum ketika cuaca dingin, susu jahe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Susu jahe selain mampu menghangatkan tubuh, susu jahe juga diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Nah, itu adalah berbagai saran sajian minuman yang dapat menghangatkan tubuh saat musim hujan seperti saat ini. Sehinggan, menghangatkan tubuh saat hujan bisa kalian lakukan tak hanya dengan menggunakan jaket tapi juga mengonsumsi minuman hangat.

Tak harus selalu beli, kita juga bisa membuatnya sendiri di rumah, dengan bahan-bahan sederhana yang biasa kita temui setiap hari. Dengan khasiat yan tak hanya menghangatkan tubuh, tapi juga menyehatkan.

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200109174555-262-463950/8-minuman-rempah-yang-menghangatkan-tubuh-di-musim-hujan

Managed & Maintenanced by ArtonLabs