8 Mahasiswa FPP UMKO Ikut Program Pertukaran Mahasiswa Internasional

8 Mahasiswa FPP UMKO Ikut Program Pertukaran Mahasiswa Internasional

Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO), memperoleh kesempatan untuk berpartisipasi dalam Program Student Exchange dengan Capiz State University (CAPSU), Filipina.  Program ini diikuti oleh 20 orang mahasiswa CAPSU Filipina dari Program Studi Ilmu Tanaman (Crop Science).

Selain itu, dari Universitas Muhammadiyah Kotabumi sendiri, khususnya dari Fakultas Pertanian dan Peternakan mengirimkan sebanyak 8 orang mahasiswanya untuk mengikuti program ini. Kegiatan akan berlangsung selama 1 bulan. Kedelapan mahasiswa tersebut terdiri dari dua program studi yakni dari Program Studi Agribisnis dan Agroteknologi.

Opening Ceremony Program Student Exchange dilakukan hari ini tanggal 17 Juni 2022, dimana Dr. Sumarno, M.Pd. selaku Rektor UMKO mewakili UMKO untuk memberikan kata sambutan.  Opening Ceremony akan diikuti oleh seluruh dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam program tersebut.  Program ini dimulai pada tanggal 20 Juni 2022 dan akan berlangsung sampai dengan tanggal 18 Juli 2022 dengan proses pembelajaran dilakukan secara daring.

Program pertukaran mahasiswa ini menurut Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UMKO, Asep Hardianto, M.Pd. dilaksanakan setelah adanya penandatanganan kerjasama antara UMKO dengan SEAMEO (South East Asia Ministers of Education Organization) sebagai organisasi yang mempromosikan kerja sama di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya di Asia Tenggara. Kerjasama pertukaran mahasiswa itu direalisasikan dengan mengirim mahasiswa selama satu bulan di berbagai universitas di Asia Tenggara. Oleh karena itu, tidak hanya mahasiswa UMKO yang dikirim ke universitas di Asia Tenggara namun UMKO juga menerima mahasiswa asing untuk belajar bersama.

Program Student Exchange bertujuan untuk mempererat persahabatan antara mahasiswa dua negara yang berbeda budaya, menjalin kerjasama internasional di bidang pendidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan dan lulusan.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs