Era Industri 4.0 bagi Dunia Peternakan

Era Industri 4.0 bagi Dunia Peternakan

Pemanfaatan Era Industri 4.0 bagi Dunia Peternakan

Contoh pemanfaatan Revolusi Industri 4.0 dalam dunia peternakan dapat dilihat dari penggunaannya sebagai media untuk monitoring suhu dan kelembapan kandang ayam. Karna ayam tergolong hewan berdarah panas yang tidak memiliki kelenjar keringat dan tubuhnya tertutup bulu. Seehingga, pengaturan suhu kandang menjadi hal yang patut untuk diperhatikan agar ayam tidak mudah stres dan dapat menghasilkan luaran yang baik.

Oleh sebab itu, ide-ide penggunaan teknologi modern seharusnya dapat tercipta. Seperti, pembuatan sensor yang dapat mendeteksi pengatur suhu kandang ayam agar kesehatan ayam lebih terjaga. dan pemilik dapat memonitoringnya sepanjang waktu melalui perangkat mobile yang dimilikinya.

Kendati demikian, kandang ayam yang akan dibuat menggunakan teknologi ini baiknya adalah kandang ayam berjenis tertutup, yang hanya menyisakan lubang-lubang kecil untuk sirkulasi udara. Selain alasan keamanan, jenis tertutup juga memudahkan dalam pengaturan suhu kandang karna mengurangi kontak langsung dengan udara luar.

Sumber:

https://idcloudhost.com/mengenal-apa-itu-era-revolusi-industri-4-0-dampak-dan-mengatasinya/

https://www.kompasiana.com/yandrapermiputra5771/5d6338f10d82305a175d5242/inovasi-peternakan-di-era-industri-4-0

Managed & Maintenanced by ArtonLabs