Wisata Edukasi Bertema Peternakan: Alternatif Peternak Dari Kemungkinan Gulung Tikar

Wisata Edukasi Bertema Peternakan: Alternatif Peternak Dari Kemungkinan Gulung Tikar

Dampak terbesar dari tersebarnya sebuah pandemi adalah terhentinya kegiatan secara menyeluruh baik dalam bidang pendidikan, pekerjaan, atau pun perekonomian, bahkan untuk kegiatan dasar seperti beribadah pun harus dilakukan dari rumah. Hal ini juga yang menjadi kekhawatiran peternak yang mungkin nantinya pandemi ini akan berimbas pada usaha mereka. Kebangkrutan pun tidak dapat dipungkiri jika para pengusaha tidak berpikir kreatif untuk memecahkan masalah kita bersama ini.

Salah satu alternatif adalah dengan menjalankan usaha sampingan selain menjual hasil komoditi dari ternak itu sendiri. Usaha alternatif tersebut adalah dengan menjadikan sebuah peternakan menjadi tempat wisata edukasi. Selain menjadi peternakan, diharapkan tempat ini juga dapat menjadi tempat berlibur sekaligus belajar bagi para pengunjung.

Di tempat ini, nantinya pengelola dapat memperkenalkan kepada pengunjung aneka jenis hewan yang ada di peternakan tersebut, kegiatan apa saja yang dikerjakan dan mungkin juga proses pemasaran dari komoditi yang dihasilkan di peternakan tersebut. Peternak juga dapat bekerja-sama dengan peternak lain untuk dapat membangun tempat wisata peternakan dengan hewan yang lebih variatif.

Jika dikelola dengan baik, wisata edukasi peternakan ini akan dapat menjadi pilihan menarik bagi keluarga untuk dikunjungi, bahkan juga dapat menarik minat kelompok atau rombongan sekolah.

Tentu saja, di tengah pandemi seperti sekarang ini, pembukaan tempat wisata ini harus dijalankan sesuai dengan anjuran protokol kesehatan dari pemerintah agar tetap aman dan tidak merugikan banyak pihak.

Sumber:

https://travel.detik.com/travel-news/d-5125556/wisata-edukasi-bertema-peternakan-juga-ada-di-jakarta

Managed & Maintenanced by ArtonLabs