Balitbangtan melalui Balai Besar Penelitian Veteriner Mengembangkan Aplikasi AKUVet, Aplikasi Kesehatan Unggas

Balitbangtan melalui Balai Besar Penelitian Veteriner Mengembangkan Aplikasi AKUVet, Aplikasi Kesehatan Unggas

Aplikasi pada smartphone menjadi suatu media yang dapat digunakan untuk menyebarluaskan teknologi peternakan serta informasi tentang kesehatan hewan. Dalam beberapa tahun terakhir, melonjaknya penetrasi pasar smartphone dan tablet membuat perangkat ini populer termasuk di kalangan petani dan peternak.  Berdasarkan data dari International Data Corporation (IDC) tahun 2020, Android menguasai pasar smartphone sebesar 84,1% sehingga aplikasi berbasis Android dapat menjangkau pengguna yang lebih luas.

Penyakit unggas merupakan salah satu tantangan besar bagi usaha perunggasan. Perkembangan penyakit unggas di lapangan cukup bervariasi dan sebagian besar peternak kurang memperhatikan pentingnya biosecurity pada peternakan. Hal ini berpotensi menyebabkan kerugian pada peternak ataupun konsumen.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Penelitian Veteriner (BBLitvet) mengembangkan aplikasi berbasis Android yang berisi tentang informasi kesehatan unggas. Aplikasi ini diberi nama AKUVet atau Aplikasi Kesehatan Unggas BBLitvet.

Secara garis besar, aplikasi AKUVet memiliki fitur antara lain informasi manajemen kesehatan dan penyakit unggas, biosecurity, berita dan artikel, video informasi perunggasan, dan dokter hewan menjawab. Berdasarkan jenis penyakitnya, aplikasi ini dibagi menjadi penyakit infeksius dan non infeksius.

AKUVet yang dapat langsung diunduh di Play Store ini dirancang dengan tampilan yang mudah dipahami oleh pengguna, serta menggunakan bahasa yang sederhana, padat, dan jelas sehingga memudahkan pemahaman informasi yang disajikan. Dalam pengembangannya, aplikasi AKUVet melibatkan ahli yang berkompeten di bidang kesehatan hewan, khususnya perunggasan.

Hadirnya teknologi aplikasi kesehatan unggas berbasis android AKUVet ini diharapkan meningkatkan wawasan pengguna aplikasi sehingga dapat melakukan tindakan pencegahan dan penanganan awal penyakit di lapangan sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan kesejahteraan peternak unggas.

Sumber: https://www.litbang.pertanian.go.id/info-teknologi/4408/

Managed & Maintenanced by ArtonLabs