Ketua Umum HPDKI Menginstruksikan Pengurus HPDKI Tingkat Kabupaten/Kota Memerangi Wabah Penyakit Mulut dan Kaki

Ketua Umum HPDKI Menginstruksikan Pengurus HPDKI Tingkat Kabupaten/Kota Memerangi Wabah Penyakit Mulut dan Kaki

Ketua Umum Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Yudi Guntara Noor menginstruksikan ketua dan jajaran pengurus HPDKI hingga kabupaten/kota untuk memerangi wabah penyakit mulut dan kaki (PMK) yang merebak dan menyerang hewan ternak khususnya sapi.

“Meski wabah penyakit mulut dan kuku tidak menyerang hewan ternak kambing dan domba, kami tetap meminta seluruh jajaran untuk mengawasi dan memeranginya,” kata Yudi usai pengukuhan Dewan Pengurus Daerah (DPD) HPDKI Provinsi Lampung di Hotel Emersia, Bandar Lampung, Kamis, 19 Mei 2022.

Menurutnya, HPDKI merupakan rumah bagi para peternak kambing dan domba. Yudi berharap kehadiran HPDKI bisa membantu pemerintah dalam mengoptimalkan sumber peternakan di Lampung.

“HPDKI harus bisa membantu peternakan di Lampung. Mengingat Provinsi Lampung ini merupakan daerah penyedia hewan ternak untuk daerah Jakarta dan sekitarnya,” ujarnya.

Di sisi lain, Ketua DPD HPDKI Lampung, Budi Yuhanda mengatakan telah menginstrusikan seluruh jajaran pengurus tingkat DPC HPDKI Lampung untuk melawan dan mengantisipasi penyakit mulut dan kaki yang menyerang hewan ternak.

“Wabah penyakit mulut dan kaki menjadi ketakutan tersendiri bagi para pengusaha ternak. Meski penyakit ini menyerang hewan ternak jenis sapi. Bukan tidak mungkin penyebarannya bisa sampai ke hewan kambing dan domba,” tandasnya.
Anggota DPRD Lampung dari Fraksi Partai NasDem, Budi Yuhanda didaulat sebagai Ketua DPD HPDKI Lampung, Rosy F. Daud sebagai Sekretaris HPDKI Lampung, dan Suparman sebagai Bendahara HPDKI Lampung. Proses pelantikannya dilakukan langsung oleh Ketua Umum HPDKI Yudi Guntara Noor.

Acara pelantikan itu turut dihadiri Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim, kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan, Rektor Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) Bapak Dr. Sumarno, M.Pd., pengusaha peternak, dan para peternak kambing domba yang tergabung dalam HPDKI.

Tidak hanya itu, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim pun menobatkan Duta Peternakan Lampung periode 2022-2024 yaitu Endi Kurniawan dan Nurul Hasanah yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) program studi Ilmu Komunikasi.

Selain Duta Peternakan Lampung ada juga Duta Peternakan Kambing Lampung yaitu Pebri Purnama dan Berliana Eka Irawan, Duta Peternakan Domba Lampung yaitu Rika dan Shelvi Shavitri, Duta Nutrisi dan Pakan Ternak yaitu Tedi Setiawan dan Ajeng Sekar Zuliyanti.
Masa jabatan Duta Peternakan Lampung tersebut adalah 2022-2024.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs