Menapaki Jalan Sunyi Bisnis Peternakan, namun Menghasilkan Jutaan

Menapaki Jalan Sunyi Bisnis Peternakan, namun Menghasilkan Jutaan

Jurusan Nutrisi dan Teknologi Pakan Ternak

Hewan dan ternak adalah sesuatu hal yang berbeda, tetapi hal ini sering disalah artikan oleh orang-orang. Dalam hal definisi saja mereka sudah berbeda. Menurut KBBI, hewan makhluk bernyawa yang mampu bergerak (berpindah tempat) dan mampu bereaksi terhadap rangsangan, tetapi tidak berakal budi, sedangkan hewan ternak adalah binatang yang dipiara untuk dibiakkan dengan tujuan produksi dan meliputi kandang, makanan, minuman, reproduksi, sistem pemeliharaan, kesehatan, pengelolaan dan pemanfaatan diatur oleh manusia yang biasanya disebut dengan peternak.

Doc: pixabay.com

Sehingga dalam beternak, kita tidak bisa asal-asalan dalam memelihara hewan karena berhubungan dengan nyawa mahkluk hidup. Artinya, kita tidak bisa setengah hati menjalankan usaha ini, apalagi hanya menjadikannya sampingan, karena dibutuhkan kedisiplinan dan kerja keras untuk dapat menjalaninya hingga akhirnya kita sukses di bidang ini.

Dalam beternak, kita tidak hanya sekedar memberikan makan dan minum ternak tanpa memerhatikan aspek lain seperti vitamin, bobot badan dan kesehatan ternak. Hal-hal ini lah yang terpenting bagi ternak, jangan sampai niat usaha kita yang seharusnya untung, malah buntung hanya karena ternak kita banyak yang mati karena salah makan.

Doc: pixabay.com

Nah, untuk mendapatkan ilmu mengenai pakan ternak, program studi ini adalah program studi yang tepat untuk kalian ambil yaitu program studi Nutrisi dan Teknologi Pakan Ternak. Ini adalah salah satu program studi di bawah Fakultas Pertanian dan Pertnakan (FPP) Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO).

Jurusan Nutrisi dan Teknologi Pakan Ternak adalah jurusan yang mempelajari nutrisi untuk makanan ternak sehingga dapat melengkapi sel-sel dalam tubuh hewan ternak. Di dalamnya juga mempelajari persenyawaan-persenyawaan kimia yang diperlukan untuk fungsi optimum dari reaksi-reaksi kimia pada proses metabolisme. Termasuk juga proses pertumbuhan, serta produksi dan reproduksi hewan ternak. Singkatnya, disini kamu akan mempelajari makanan dan nutrisi seperti apakah yang baik untuk diberikan kepada hewan ternak dengan syarat-syarat tertentu.

Lalu, apa saja kemungkinan peluang di masa depan yang akan kita dapatkan jika kita menekuni program studi ini, selain menjadi wirausahawan yang bergerak di bidang peternakan?

Untuk kalian yang tidak ingin menjadi peternak, tidak usah khawatir, karena program studi ini tidak hanya akan membentuk kalian agar menjadi peternak handal, tapi juga menjadikan kalian sebagai peneliti atau penemu cakap di bidang nutrisi dan pakan ternak. Setelah lulus nanti, sebagai seorang sarjana dari jurusan Nutrisi dan Teknologi Pakan Ternak kalian memiliki peluang untuk bekerja di Departemen Perdagangan, Pusat Pengembangan Ternak, Pusat Penelitian Ternak, Kementerian Peternakan, atau Kementerian Perindustrian, atau bahkan menjadi dosen.

Karena, pada program studi ini, kalian akan mempelajari berbagai mata kuliah, diantaranya adalah Fisika, Kimia, Biologi, Pengantar Ilmu Peternakan, Matematika, Genetika Dasar, Biokimia, Mikrobiologi, Anatomi Dan Fisiologi Ternak, Statistik, Dasar Dasar Manajemen, Produksi Ternak Perah, Ilmu Nutrisi Ternak, Produksi Ternak Potong, Ilmu Ekonomi Peternakan, Produksi Ternak Unggas, Teknologi Hasil Ternak, Nutrisi Ternak Potong, dll. See, kamu tidak hanya belajar soal makanan dan nutrisi, tapi juga harus tau banyak tentang hal lain yang berkaitan dengan peternakan.

Doc: pixabay.com

Tertarik dengan hal itu, jangan ragu untuk segera daftarkan diri kalian ke Universitas Muhammadiyah Kotabumi, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Program Studi Nutrisi dan Teknologi Pakan Ternak.

Karena kesuksesan setiap orang itu berbeda, jadi temukan suksesmu sendiri.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs