Menapaki Jalan Sunyi Bisnis Peternakan, namun Menghasilkan Jutaan

Menapaki Jalan Sunyi Bisnis Peternakan, namun Menghasilkan Jutaan

Doc: pixabay.com

Seperti kita ketahui, selain bidang pertanian, usaha peternakan sejak dahulu hingga saat ini masih menjadi salah satu usaha yang menjanjikan. Usaha peternakan memang menjadi salah satu jenis usaha yang banyak dijalankan oleh masyarakat Indonesia. Wilayah Indonesia yang subur dan iklim yang ramah untuk segala jenis hewan ternak membuat ternak dapat hidup dengan baik serta terpenuhi makanannya. Sehingga tak heran hampir sebagian besar penduduk Indonesia telah menggantungkan hidupnya dari bisnis peternakan ini.

Meskipun begitu, jika dibandingkan dengan bidang usaha lainnya, masih banyak yang kurang meminati bidang ini. Hal itu menjadi wajar sebenarnya, karena sebagian orang pasti berpikir bahwa beternak itu kotor, dekat dengan hewan-hewan, kotoran ternak, kandang, rumput atau pakan, dan bau. Belum lagi, fakta bahwa kebanyakan peternak adalah orang-orang yang ekonominya berada pada kelas menengah ke bawah. Itulah hal-hal yang mungkin selama ini kita lihat di sekitar kita. Lantas, untuk apa beternak, apalagi sampai harus kuliah hanya untuk sekedar mengurus ternak? Gen Z mungkin akan menyebutnya sebagai pekerjaan yang tidak elit, atau bahkan tidak masuk dalam rencana pekerjaan yang diimpikan.

Doc: pixabay.com

Namun apakah kalian familiar dengan nama Bob Sadino, Andi Nata, Benny Irawan atau Dewa Gede Putra Darmada? Mereka adalah sebagian kecil orang-orang yang sukses menekuni bidang peternakan. Dimana mereka memulai bisnisnya dari nol dan tidak sedikit mengalami kegagalan, hingga akhirnya berhasil berdiri tegak di dunia usaha peternakan dengan mengukuhkan namanya dalam jajaran miliarder di Indonesia. Adakah yang ingin menjadi seperti mereka?

Sebenarnya, selain mereka berlima, ada banyak lagi nama-nama lain yang juga sukses bergerak di bidang peternakan. Tapi disini, kita tidak akan berfokus dengan mereka, kita akan membahas apa pentingnya industri peternakan dan bagaimana prospeknya di masa depan.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs