Beternak Ayam Pheasant, Si Cantik yang Menjanjikan

Beternak Ayam Pheasant, Si Cantik yang Menjanjikan

Bagi penggemar atau penghobi pelihara hewan, khususnya hewan jenis unggas. Selain burung berkicau, merpati, ayam kate, ayam pelung dan ayam bekisar dimana untuk ayam pelung dan ayam bekisar lebih mengutamakan keindahan suaranya. Kini ada satu lagi hobi yang menjadikan tren yaitu, pelihara ayam pheasant.

Pheasant adalah jenis ayam hias yang berasal dari negeri tirai bambu Cina. Ayam ini sering disebut dengan ayam pegar. Ayam pegar termasuk kelompok burung famili Phasianidae ordo Galliformes yang mempunyai 35 spesies dan 11 genera. Jenis ayam pheasant memiliki ekor yang panjang dan indah. Di Indonesia, masyarakat belum banyak yang mengetahui tentang ayam pheasant. Maka tak heran bila ayam pheasant masih cukup langka di Indonesia.

Ayam pheasant bisa disebut juga dengan ayam pegar, jenis ayam ini cukup diminati keberadaannya karena postur fisiknya menyerupai burung. Dan yang membuat ayam pheasant ini dilirik yaitu warna dari bulunya yang cukup indah dan menawan. Hobi pelihara ayam pheasant sangat menyenangkan, bahkan jika dikembangkan untuk diternakan menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Menurut beberapa sumber, harga dari ayam pheasant ini cukup fantastis, berkisar dari Rp. 6.000.000 hingga Rp. 35.000.000 per pasang, itu tergantung dari keindahan bulu dari ayam pheasant itu sendiri. Di Indonesia masih cukup jarang yang beternak ayam pheasant. Padahal sebenarnya cara beternak pheasant tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu memperhatikan kandang, pakan dan pemeliharaannya.

Adapun bila anda ingin beternak Ayam Pheasant ini, anda dapat mempelajari beberapa hal tentang cara beternak ayam pheasant, diantaranya :

  1. Kandang

untuk beternak ayam golden pheasant tidak memerlukan kandang yang luas. Ukuran kandang yaitu 2 x 1,5 meter persegi, untuk tingginya minimal 2 meter. Disamping kandang dapat diberi kawat strimin sebagai dinding kandang dan atap kandang. Atap kandang berfungsi agar ayam golden pheasant tidak keluar dari kandang. Didalam kandang dapat diletakkan kayu atau ranting pohon sebagai tempat nangkring ayam golden pheasant.

  1. Pakan

Pakan golden pheasant relatif sama dengan pakan ayam biasanya, dengan memperhatikan juga kandungan gizinya. Pemberian buah pepaya bisa dilakukan, karena buah pepaya ini cukup disenangi oleh ayam golden pheasant, disamping itu juga buah pepaya juga sebagai antibiotik.

  1. Kesenangan atau hobi pheasant

Hobi atau kesenangan dari ayam pheasant adalah mandi tanah, jadi alas kandang tidak perlu diberi sekam padi/dilapisi semen, dan ayam tidak perlu di mandikan dengan air atau disemprot. Persiapkan kadang dengan lantai tanah walaupun juga bisa di sebagian di buat dengan lantai semen namun tidak seluruhnya.

  1. Pemeliharaan

Dalam pemeliharaannya cukup dipelihara didalam rumah dengan kadang yang telah disediakan. Dan buat senyaman mungkin, menjaga kebersihan kandang dapat mendukung pemeliharaan. Dalam menjaga kebersihannya dapat disemprotkan desinfetkan, untuk mencegah terjangkitnya penyakit. Tempat makan dan minum perlu rutin dibersihkan, karena bisa menjadi sarang penularan yang cukup perlu di waspadai.

Cara beternak Ayam Pheasant bisa dibilang susah-susah gampang. Pasalnya perlu dilakukan pemeliharaan yang cukup intensif dan serius karena harganya yang juga terbilang mahal.

Sumber: https://hobiternak.com/cara-beternak-golden-pheasant/

Managed & Maintenanced by ArtonLabs