Kementerian Pertanian Fokus “Kejar” Manfaatkan Lahan Pekarangan untuk Hilirisasi Kelapa Genjah

Kementerian Pertanian Fokus “Kejar” Manfaatkan Lahan Pekarangan untuk Hilirisasi Kelapa Genjah

Menghadapi pembangunan perkebunan Indonesia ditengah tantangan krisis pangan dunia, Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian fokus melakukan hilirisasi perkebunan poin penting sebagaimana ditegaskan Menteri Pertanian untuk program kerja perkebunan Tahun 2023 ini.

Upaya hilirisasi dilakukan salah satunya mendorong program pengembangan Kelapa Genjah Sebar atau KEJAR 1 Juta Batang dimulai dari pertengahan Tahun 2022 di Solo Raya dicanangkan perdana Presiden RI.

Program Kejar Solo Raya salah satu solusi memanfaatkan lahan warga dan hamparan untuk pengembangan berbagai varietas kelapa Genjah dan integrasi budidaya jagung, cabai, peternakan serta tanaman lainnya berpotensi menghasilkan produk hilirisasi yang menguntungkan bagi masyarakat sekitar.

Dirjen Perkebunan Andi Nur Alam Syah bersama Ketua Komisi IV DPR RI Sudin serta Bupati Karanganyar, meninjau salah satu lokasi tanam integrasi Kelapa Genjah dengan jagung di Bukit Sosogan, Kabupaten Karanganyar. Hal ini merupakan bagian dari rangkaian Kunjungan Spesifik Komisi IV DPR RI Masa Sidang 2022-2023 di Provinsi Jawa Tengah.

Sudin memaparkan kawasan integrasi Kelapa Genjah dan jagung memegang potensi outcome hilirisasi produk kelapa Genjah serta meningkatkan agrowisata kecil-kecilan di daerah.
“Dari kelapa Genjah yang ditanam di pekarangan masyarakat, dapat menjadi sumber penghasilan tambahan apabila kualitas produknya bagus, bahkan bisa sampai diekspor. Produk turunan dari kelapa genjah ini bisa menjadi gula semut yang potensi nya luar biasa. Orang luar negeri, di Eropa gula semut digunakan untuk pembuatan kue. Permintaannya terus meningkat. Selama menunggu proses panen, ditanam jagung untuk pangan, untuk pakan ternak.” jelas Sudin.

Andi Nur juga menjelaskan di Kabupaten Karanganyar telah ditanam 44.000 batang benih kelapa pada Tahun 2022 lalu dan perkembangannya sangat baik.
“Diharapkan dari 44.000 batang yang ditanam di pekarangan warga panen dengan baik nanti di 2,5 tahun kedepan dan hasilnya dimanfaatkan menjadi berbagai produk. Kelapa Genjah yang ditanam di Karanganyar ini ada kelapa genjah pandan wangi yang bisa dijual kelapa segar nya, dan kelapa Genjah biasa dikonversi menjadi nira untuk gula semut yang bisa menghasilkan 2 liter tiap 2 harinya.”

Juliyatmono Bupati Karanganyar sangat antusias dengan adanya kawasan pekarangan yang dialihfungsikan menjadi sarana integrasi Kelapa dan jagung yang juga bisa menambah potensi untuk wisata di Bukit Sosogan, Desa Rejosari, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.
“Kelapa Genjah tumpang sari nya dengan jagung sudah ditanam dan tumbuh dengan baik. Baru pertama kali ditanam kelapa Genjah disini. Kelapa ini bisa kita jual di kawasan wisata, dapat profit dari petani mengelola juga wisata kecil2 di kampung.”

Sumber: https://ditjenbun.pertanian.go.id/kementerian-pertanian-fokus-kejar-manfaatkan-lahan-pekarangan-untuk-hilirisasi-kelapa-genjah/

Managed & Maintenanced by ArtonLabs