Sinergi FPP UMKO dan Jatam Way Kanan: Langkah Bersama Menuju Pertanian Berkualitas

Sinergi FPP UMKO dan Jatam Way Kanan: Langkah Bersama Menuju Pertanian Berkualitas

Dekan Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO), Ibu Nyang Vania Ayuningtyas Harini S.P., M.Si, yang juga merupakan anggota Jatam wilayah Lampung, telah menghadiri acara pelantikan Jamaah Tani Muhammadiyah (Jatam) di Kabupaten Way Kanan. Acara tersebut diadakan di kediaman Bapak Teguh Darmawan di Dusun 3 Kampung Umpu Kencana, Kecamatan Blambangan Umpu, Kabupaten Way Kanan. Ketua Jatam Way Kanan, Bapak Supardi, yang juga merupakan pembina dan penanggung jawab petani perkebunan, turut hadir dalam acara tersebut.

Jatam merupakan wadah pengorganisasian petani yang dibentuk oleh Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Pusat Muhammadiyah sebagai upaya untuk pembebasan kaum dhuafa-mustadh’afin serta jihad kedaulatan pangan. Di Way Kanan, Jatam memiliki anggota petani Muhammadiyah yang menanam tanaman perkebunan dan pangan. Menariknya, Jatam Way Kanan juga memiliki cabang Jatam Wanita Tani yang memungkinkan ibu-ibu untuk menanam tanaman sayuran guna memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Salah satu anggota Jatam, Bapak Teguh, saat ini fokus pada produksi arang batok kelapa yang akan digunakan sebagai bahan bakar sate, briket, dan pembenah tanah pertanian.

Selain menghadiri pelantikan, Ibu Nyang Vania juga melakukan sosialisasi tentang Program Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UMKO kepada anggota Jatam Way Kanan. Respons positif diterima dari Kepala Desa, yang akan memfasilitasi pendaftaran anak-anak dari anggota Gapoktan dan Jatam yang berminat untuk melanjutkan pendidikan di UMKO.

Dengan adanya kolaborasi antara FPP UMKO dan Jatam Way Kanan serta dukungan dari masyarakat setempat, diharapkan dapat tercipta sinergi yang kuat dalam pengembangan pertanian dan peningkatan kesejahteraan petani di Kabupaten Way Kanan.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs