Mengenal Kelebihan Jurusan Agribisnis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi

Mengenal Kelebihan Jurusan Agribisnis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi

Program Studi Agribisnis terbilang program studi yang lumayan baru tidak hanya di Universitas Muhammadiyah Kotabumi sendiri, namun juga di Lampung Utara secara umum, bisa dikatakan ini adalah yang pertama sekaligus satu-satunya program studi berbasis usaha pertanian di Lampung Utara. Sehingga, masih banyak orang tidak mengetahui kelebihan dari program studi ini. Berikut akan dijabarkan beberapa kelebihan dari program studi Agribisnis agar dapat dijadikan pertimbangan bagi pembaca semua bila ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi di kampus impian kita ini.

1. Kondisi lingkungan yang mendukung

Sebagian besar siswa/i SMA atau SMK yang baru lulus, kerap memilih jurusan kuliah yang bisa memberikan prospek kerja kantoran. Mereka cenderung memandang jurusan Agribisnis lekat dengan pekerjaan di sawah. Pikiran mainstream inilah yang seharusnya diubah sedini mungkin sebelum menyesal. Kenapa, karena semakin banyak orang yang berpikiran sama, maka jumlah pesaing kita pun akan semakin besar. Belum lagi wacana pemerintah tentang penghapusan pengangkatan guru melalui jalur CPNS yang tentunya juga harus kita jadikan pertimbangan dalam pemilihan jurusan. Artinya, sekaranglah saatnya kita berpikir out of the box pilihlah jurusan dimana lapangan kerjanya dapat kita kendalikan.

Semua orang tahu bahwa Indonesia adalah negara kaya yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Kekayaan alam mendukung Indonesia menjadi salah satu negara penghasil komoditi pangan besar di dunia. Kamu yakin tidak ingin turut serta menjadi salah satu pendukung utama?

2. Penyambung kehidupan

Pangan adalah salah satu kekuatan negara yang wajib diperhitungkan. Dengan pengadaan pangan yang cukup, Indonesia melalui masyarakatnya akan dapat keluar dari zona kelaparan dan kemiskinan. Menjadi lulusan Agribisnis bisa membuatmu menjadi pelopor pangan di Indonesia penyambung hidup bagi banyak masyarakatnya, sekaligus mampu memberikanmu peluang untuk membuka lapangan pekerjaan baik dari sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan sebagainya.

3. Cocok untuk semua jurusan

Prodi ini dinilai cocok bagi calon mahasiswa yang menyukai pelajaran IPA namun ingin mendalami ilmu bisnis maupun ekonomi. Secara garis besar, jurusan ini akan membuatmu mendalami ilmu pertanian sekaligus bisnis.

4. Pengembangan usaha maksimal dimana kamu sendirilah yang memegang kendali

Coba bayangkan ilustrasi berikut! Kamu menjadi seorang yang mengembangkan produk peternakan mulai budidaya hingga proses menghasilkan komoditi yang dijual atau diimpor ke luar negeri misalnya daging sapi. Sisa proses seperti kulit bisa dimanfaatkan menghasilkan barang bernilai jual lain. Kamu bisa menghasilkan banyak sekali produk, dan kamu juga pasti tahu, betapa banyaknya pengusaha peternakan yang telah sukses menjalankan usahanyakan! Kamu bisa bebas menggembangkan ternak apapun yang kamu inginkan dan kamu pikir paling mudah dan cepat menghasilkan keuntungan

5. Menjadi pribadi yang selalu produktif dan berkarya

Jika seorang mahasiswa lulusan Kedokteran pasti menjadi dokter maka Kamu bisa menjadi orang yang lebih produktif lagi. Mata kuliah yang mencakup banyak hal di jurusan Agribisnis bakal memberikan pelajaran penting. Bisa jadi, Kamu akan menciptakan produk baru yang dibutuhkan masyarakat selain menjadi pengusaha. Artinya, kamu dapaat membuka peluang tidak hanya untukmu sendiri, tapi untuk kemaslahatan orang banyak, dan bayangkan, jasamu akan terus diingat karena hasil pemikiranmu itu dapat langsung dirasakan oleh banyak orang pada semua lapisan.

Kamu kini punya gambaran prospek cerah yang ditawarkan jurusan Agribisnis. Jika semua calon mahasiswa paham betul alasan memilih jurusan Agribisnis, tentu prodi ini tidak akan pernah sepi peminat. Nah, kata siapa lulusan Agribisnis bakal jadi petani? Jadi, segera daftarkan dirimu di Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Kotabumi.

One thought on “Mengenal Kelebihan Jurusan Agribisnis, Universitas Muhammadiyah Kotabumi

Comments are closed.

Managed & Maintenanced by ArtonLabs