Sepuluh Varietas Unggul Tanaman Perkebunan Dinyatakan Lulus Pada Sidang Pelepasan Varietas Tanaman Perkebunan Semester II Tahun 2022

Sepuluh Varietas Unggul Tanaman Perkebunan Dinyatakan Lulus Pada Sidang Pelepasan Varietas Tanaman Perkebunan Semester II Tahun 2022

Tim Penilai Varietas (TPV) Tanaman Perkebunan telah melaksanakan sidang pelepasan varietas tanaman perkebunan di Hotel Alila Solo, Jawa Tengah pada tanggal 10 s.d. 12 Oktober 2022. Sidang pelepasan varietas tanaman perkebunan dipimpin oleh Ketua TPV tanaman perkebunan Dr. Ir. M. Saleh Mokhtar, MP dan dihadiri oleh Tim Penilai Varietas Tanaman Perkebunan, pengusul pelepasan varietas serta undangan lainnya.

Usulan  pelepasan varietas tanaman perkebunan yang diajukan sebagai  berikut: (1) Komoditi tebu oleh Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia dengan calon varietas PSJT 97-55, PSJT 94-41, PS 05-553, PS 09-1532, PS 06-166 dan PS 05-530; (2) Komoditi kelapa oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kabupaten Padang Pariaman dan Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Barat serta Balai Penelitian Tanaman Palma dengan calon varietas Karambia Padang Pariaman; (3) Komoditi tembakau oleh Dinas Pertanian Kabupaten Bandung bekerjasama dengan Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat mengusulkan tembakau rajangan dengan calon varietas Simojang, Himar dan Kayangan;

Sidang pelepasan varietas tanaman perkebunan yang dilaksanakan secara online dan offline telah membahas beberapa varietas unggul baru yang dianggap layak untuk beredar dan dikembangkan di Indonesia. Berdasarkan keputusan sidang pelepasan varietas tanaman perkebunan semester II tahun 2022 yang dibacakan oleh Tim Penilai Varietas maka varietas unggul baru yang disetujui untuk dilepas oleh Menteri Pertanian sebagai berikut:

  1. Tebu calon varietasPSJT 97-55 disetujui dilepas dengan nama PSBM 971
  2. Tebu calon varietasPSJT 94-41 disetujui dilepas dengan nama PSNXI 943
  3. Tebu calon varietasPS 05-553 disetujui dilepas dengan nama PSNX 052
  4. Tebu calon varietasPS 09-1532 disetujui dilepas dengan nama PSKA 095
  5. Tebu calon varietasPS 06-166 disetujui dilepas dengan nama PSKA 062
  6. Tebu calon varietasPS 05-530 disetujui dilepas dengan nama PS Nusantara 053
  7. Kelapa calon varietas Karambia Padang Pariaman disetujui dilepas dengan nama Karambia Padang Pariaman
  8. Tembakau Rajangan calon varietas Simojang disetujui dilepas dengan nama Simojang 
  9. Tembakau Rajangan calon varietas Himar disetujui dilepas dengan nama Himar
  10. Tembakau Rajangan calon varietas Kayangan disetujui dilepas dengan nama Kayangan

Berdasarkan 10 usulan pelepasan calon varietas untuk komoditi Tebu, Kelapa dan Tembakau maka sesuai keputusan Tim Penilai Varietas Tanaman Perkebunan Tahun 2022 semua usulan tersebut dinyatakan layak untuk dilepas sebagai varietas unggul baru oleh Menteri Pertanian.

Sebagai tindak lanjut dari pelepasan varietas tanaman tebu, kelapa dan tembakau maka kewajiban bagi pemilik varietas untuk membuat kebun sumber benih dari varietas yang telah dilepas tersebut yang nantinya dapat digunakan sebagai sumber benih untuk pengembangan tanaman.

Dengan adanya benih unggul baru yang telah dilepas pada sidang pelepasan varietas tanaman perkebunan semester II tahun 2022 diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif untuk pengembangan komoditi tebu, kelapa dan tembakau di Indonesia yang nantinya dapat menjadi sumber benih baru untuk meningkatkan kesejahteraan petani. (Santi FS)

(Sumber: Direktorat Perbenihan Perkebunan, Direktorat Jenderal Perkebunan dan berbagai sumber) (https://ditjenbun.pertanian.go.id/dua-belas-varietas-unggul-tanaman-perkebunan-dinyatakan-lulus-pada-sidang-pelepasan-varietas-tanaman-perkebunan-semester-ii-tahun-2022/)

Managed & Maintenanced by ArtonLabs